Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Kulita Kepala Agar Tetap Sehat


Salah satu bagian tubuh manusia yang sering mengalamai masalah kesehatan adalah kulit kepala. Adapun beberapa jenis gangguan yang sering dialami ini diantaranya adalah ketombe, gatal gatal, kulit kepala kering maupun psorasis.

Ketika kulit kepala kita terkena gangguan gangguan tersebut tentunya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman abik bagi diri sendiri maupun orang lain. Sehingga kita perlu melakukan beberapa upaya untuk mengatasi  gangguan tersebut. Salah satu cara mengatasi kulit kepala yang terkena gangguan kesehatan adalah dengan melakukan beberapa perawatan terhadap kulit kepala tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam merawat kulit kepala :

1. Mengenali Jenis Masalah yang Terjadi Pada Kulit Kepala
Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam merawat kulit kepala yang bermasalah adalah mengetahui masalah atau gangguan kesehatan apa yang terjadi pada kulit kepala tersebut. Hal ini karena berbeda jenis masalah kesehatan pada kulit kepala berbeda juga penganganannya. Misalnya saja perawatan kulit kepala yang mengalami ketombe tentunya berbeda dengan perawatan kulit kepala yang mengalami  psorasis.

2. Gunakan Bahan yang Aman
Tips lain yang perlu anda perhatikan saat melakukan perawatan terhadap kulit kepala adalah pastikan menggunakan bahan bahan yang aman bagi kesehatan. Misalkan kita menggunakan suatu jenis shampo pastikan shampo tersebut tidak mengandung zat zat yang berbahaya bagi tubuh kita. Atau misalkan saha kita alergi terhadap sesuatu sebaiknya hindari shampo atau conditioner yang mengandung zat tersebut. Kalau bisa hindarilah zat zat kimia dan gunakan bahan alami. 

3. Lakukan Secara Teratur dan Konsisten
Melakukan perawatan kulit kepala sebaiknya juga dilakukan secara teratur sesuai dengan ketentuan yang ada. Misanya saja saat kita keramas sebaiknya dilakukan secara teratur jangan terlau sering dan jangan terlalu jarang. Hal ini karena jika kita melakukannya tidak teratur justru akan  menimbulkan masalah lainnya. Misalnya saja kita terlalu sering keramas maka bisa saja rambut kita justru mengalami kerontokan.

4. Konsultasikan dengan Yang Ahli dan Berkompeten
Jika dirasa masalah kesehatan yang terjadi pada kepala kita tersebut sudah termasuk dalam kategori tida ringan maka sebaiknya kita konsultasikan atau periksakan ke orang yang paham dan kompeten dengan hal tersebut. Kita bisa memerikasakan kulit kepala yang mengalami masalah kesehatan ini ke dokter misalnya.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Kulita Kepala Agar Tetap Sehat"