Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda BeAT 2021, Siap Bersaing dengan yang Lain?


 Honda Beat adalah salah satu motor skutik yang dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan biasanya motor ini sering dijuluki sebagai ‘motor sejuta umat’

Pada web resminya motor Beat 2021 mendapatkan varian yang  cukup banyak yaitu 4 varian, yang diantaranya yaitu CBS, CBS ISS, Street dan Deluxe. Dari segi warna juga motor ini mendapatkan arna-warna baru

Honda Beat sering menjadi incaran oleh para konsumen karena tingkat keiritan pada Honda Beat ini mencapai 60,6 Km/ Liter. Oleh pihak marketing dari Direktur AHM, Honda Beat ini sudah digunakan oleh banyak kalangan mulai dari muda sampai usia tua untuk beraktifitas baik di kota besar, perkotaan dan juga pada daerah pedesaan.

Daftar Harga Beat 2021:

  • BeAT CBS dengan harga Rp 16.665.000
  • BeAT CBS ISS dengan harga Rp 17.365.000
  • BeAT Street dengan harga Rp 17.365.000
  • BeAT Deluxe dengan harga Rp 17.465.000

Jika kita melihat dari mesin yang digunakan oleh Honda BeAT ini maka kita akan melihat mesing dengan kapasitas 110cC,SOHC dan mesin pembakar yang sudah di pakai dari dahulu yaitu injeksi PGM-FI yang merangkap dalam rangkaian teknologi eSP  (enhanced Smart Power). Pada catatan mesin yang digunakan bisa menghasilkan  energi sebesar  6,6 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin yang digunakan ini berstandar Euro 3, Honda sendiri mengkalaim dalam tes internal metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar 60,6 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Beberapa fitur pada Honda BeAT meliputi hadirnya power charger dengan daya maksimal 12 W, serta mengusung digital panel meter agar melihat informasi berkendara lebih mudah. Namun perlu diketahui, fitur ini hanya hadir di tipe CBS-ISS saja.

Tenaga puncaknya 8,89 hp di putaran 7.500 rpm. Torsinya memuncak di 5.500 rpm sebesar 9,3 Nm. Capaian torsi ini lebih cepat dan lebih besar dari Beat lama. Pembuatnya mengklaim mesin ini lbih irit dari sebelumnya. Dengan ISS diaktifkan, konsumsi BBM-nya mencapai 60,6 km/liter. Jika dihitung dengan kapasitas tangka 4,2 liter jarak tempuhnya jadi 254,52 km. Itu klaim Honda, realita bisa berbeda.

Setiap motor pasti mempunysi krelemahan dan pada Honda BeAT juga pasti memilikinya, berilut beberapa hal yang sering menjadi problem pada motor BeAT (Motor BAT 2021 kebawah)

  • Kekurangan dari motor ini adalah ground clearance yang relatif rendah. Artinya, BEAT sering tersandung di speed bump, terutama saat sepeda motor digantung di gendongan atau membawa beban lain selain pengemudi. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini. Salah satunya dengan mengganti shock belakang dengan shock belakang bawaan Honda Vario 125. Perlu dicatat bahwa peningkatan kesenjangan kelompok tidak optimal, hanya setengah hingga satu sentimeter.
  • Lampu depan kerap putus dan aki tekor mengindikasikan kerusakan di sistem kelistrikan, tidak semata kualitas bohlam. Kiprok (regtifier regulator) yang rusak mungkin jadi penyebabnya. Sebab, jika ia rusak, maka tegangan dari spull yang terlalu besar yang menuju ke lampu tidak bisa direduksi. Alhasil tegangan melebisi kapasitas lampu.

Kemungkinan lain adalah kabel massa yang menuju ke kiprok terputus. Hal ini mengakibatkan tegangan berlebih yang diterima lampu depan, sehingga tidak bisa di batasi atau tidak bisa dialirkan ke massa sehingga menyebabkan lampu depan putus.

Mungkin itu adalah permasalahan umum yang  sering terjadi, semoga pada motor BeAT tahun ini bakalan tambah baik lagi ya.

Posting Komentar untuk "Honda BeAT 2021, Siap Bersaing dengan yang Lain?"