Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabel-kabel yang cocok untuk Instalasi Rumah

 Kabel listrik secara kelihatannya itu sama antara satu dengan yang lainnya, namun pada kenyataannya kabel listrik mempunyai spesifikasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pemilihan kabell listrik memang sangat penting untuk keselamatan orang rumah. 

Pemilihan jenis kabel ini adalah hal yang sangat penting dilakukan. Tujuannya adalah untuk instalasi dan berfungsi dengan baik dan bisa memberikan keamanan saat pengoperasiannya.  Di Indonesia, semua komponen kelistrikan telah diatur oleh negara dan biasanya sudah terdapat cap SNI (Standar Nasioal Indonesia) dan sudah ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

Pada undang-undang negara Indonesia juga sudah diatur tentang syarat umum instalasi listrik ayat 202 A2 pada dasarnya semua peralatan listrik harus memenuhi persyaratan umum instalasi listrik. Nah untuk mengetahui kabel listrik yang bagus untuk instalasi rumah, lamu bisa mengetahui lewat bacaan dibawah ini.

  1. Kabel NYA

Kabel NYA ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat, kabel NYA ini sangat mudah ditemui karena sering digunakan dengan instalasi listrik di rumah-rumah. 

Kabel ini memiliki ukuran 1,5 mm sampai 2,5 mm dapat digunakan pada instalasi lampu dan pula instalasi stop kontak. Bentuk kabel ini adalah kabel tunggal dan dipoles oleh isolasi PVC yang dibalur dengan warna merah, kuning, biru dan hitam. Kelemahan dari kabel ini adalah bahan pelindung yang digunakan ini sangat mudah mengalami kecacatan tidak tahan air, dan sangat mudah untuk diguguti tikus.

  1. Kabel NYM

See the source image


Kabel listrik ini adalah kabel listrik NYM yang banyak digunakan pada instalasi listrik di rumah dan gedung. Kabel ini bisa digunakan di lingkungan yang basah dan lingkungan yang kering, namun kabel NYM tidak bisa untuk ditanam.

Bagian kabel ini terdapat 1 sampai 4 bagian dan dilapisi isolasi PVC. Kabel NYM ini lebih kuat dari pada kabel NYA, 

  1. Kabel NYY

Hasil gambar untuk kabel NYY

 Kabel ini merupakan kabel tanam karena memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat, yang membuat kabel ini bisa ditanam adalah isolasinya, isolasi pada kabel ini tidak disukai oleh tikus. Kabel rumah NYY ini terlapisi oleh 2 lapisan isolasi yang berwarna hitam dan memiliki setidaknya 2 sampai 4 inti.

  1. Kabel NYAF

Image result for Kabel NYAF

Kabel NYAF adalah kabel yang fleksibel, pada rumah tentunya dibutuhkan kabel yang bisa fleksibel, maka kabel NYAF adalah jawabannya. Selain fleksibel kabel ini penghantar tembaga berisolasi PVC.

  1. Kabel NYFGbY

Image result for Kabel NYFGbY

Kabel ini adalah kabel tanam yang keamanannya tinggi, tempat yang cocok untuk kabel ini adalah di ruangan bawah tanah atau di dalam saluran saluran terbuka untuk menghindari gangguan mekanis.

  1. Kabel NYYHY

Salah satu kabel listrik yang serba guna adalah kabel ini kabel NYYHYH. Kabel NYYHY memiliki satu atau lebih tembaga utama dengan serabut yang dilapisi bahan PVC. Bagian isolator yang berada di lapisan terluar pun biasanya dibuat dengan bahan PVC. Kabel ini memiliki banyak fungsi dan sering digunakan karena memiliki kemudahan dalam proses pemasangannya.


Setelah mengenal lebih jelas tentang kabel maka tentunya kita bisa lebih baik, lebih mengenal antara satu dan lainnya. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Kabel-kabel yang cocok untuk Instalasi Rumah"