Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Spooring dan Balancing Pada Mobil

 


Untuk menjaga performa mobil diperlukan perawatan rutin pada mobil. Perawatan yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah spooring dan balancing.

Spooring dan balancing merupakan perawatan yang harus Anda lakukan agar mobil tetap seimbang. Untuk melakukan spooring dan balancing Anda bisa bawa kendaraan Anda ke bengkel mobil terdekat yang menjadi mitra otoklix.

Spooring dan balancing merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan. Untuk mengetahui lebih detail tentang spooring dan balancing, simak informasinya dalam artikel ini.

Spooring

Spooring dapat diartikan sebagai sebuah proses penyetelan sudut kemiringan roda dari caster dan camber pada bagian kaki-kaki yang terhubung dengan velg. Tujuan dilakukannya spooring adalah untuk mengembalikan setelan kaki-kaki pada mobil sesuai produksi.

Balancing

Meskipun sama-sama perawatan pada bagian roda mobil namun balancing memiliki pengertian yang berbeda. Balancing dapat diartikan sebagai salah satu proses untuk memperlancar putaran roda dengan menyamakan berat seluruh roda.

Umumnya balancing perlu dilakukan setelah melakukan penggantian ban atau velg. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa balancing perlu dilakukan dalam jangka waktu tertentu atau jika telah muncul tanda-tanda tertentu dari mobil.

Tanda-tanda Perlu Dilakukan Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing merupakan perawatan mobil yang penting untuk dilakukan dan harus dilakukan secara rutin. Anda bisa melakukan spooring dan balancing setiap mobil Anda menempuh jarak 20 ribu km. Atau bisa juga jika melewati jalanan rusak, Anda perlu melakukan spooring dan balancing setiap 10 ribu km.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan tanda-tanda yang ada pada mobil Anda sebagai patokan untuk melakukan spooring dan balancing. Berikut ini tanda-tanda mobil Anda harus dilakukan spooring dan balancing.

  • Permukaan ban mobil sudah tidak rata atau aus

  • Mobil terasa berbelok sendiri padahal mobil sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu

  • Ketika dibelokkan, setir susah untuk kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan

  • Roda mobil miring saat di parkiran, meskipun mobil berada di tempat parkir yang permukaannya datar

  • Setir bergetar saat melaju pada kecepatan tertentu. Penyebabnya karena roda depan berkaitan langsung dengan mekanisme kemudi

  • Anda merasakan mobil berjalan miring saat dikemudikan

  • Ban mobil bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang

  • Ban mobil bagian belakang bergeser atau tidak presisi dari tempatnya semula

Waktu yang Tepat untuk Spooring dan Balancing

Jika Anda telah mengalami beberapa tanda di atas, maka artinya Anda wajib membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan spooring dan balancing. Selain itu, meskipun Anda belum mengalami tanda tersebut namun jika mobil Anda telah mencapai jarak tertentu maka Anda perlu melakukan spooring dan balancing.

Secara umum, mobil disarankan untuk dilakukan spooring dan balancing dengan ganti ban mobil, jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 20 ribu km. Anda bisa mengecek secara langsung pada odometer mobil.

Namun, berbeda halnya jika Anda sering berkendara di jalanan yang rusak. Maka Anda perlu melakukan spooring dan balancing ban mobil setiap menempuh jarak 10 ribu km.

Fungsi Spooring dan Balancing

Meskipun spooring dan balancing merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan mobil. Berikut ini beberapa fungsi spooring dan balancing ban mobil.

  • Membuat kemudi menjadi lebih ringan

  • Terjadinya gaya putar kembali setelah belok

  • Dapat mencegah kendaraan berbelok sendiri saat kemudi dilepas

  • Dapat mengurangi keausan pada bagian-bagian ball-joint dan roda

  • Bisa menyeimbangkan kembali semua ban mobil

  • Memastikan bahwa semua ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya

Rekomendasi Bengkel Spooring dan Balancing di Surabaya

Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya, Anda dapat menemukan beberapa bengkel spooring dan balancing yang terpercaya. Berikut ini daftarnya.

  1. GBT Laras Imbang Dharmahusada, Jl. Dharmahusada No.36, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285, (031) 5914686.

  2. GBT Laras Imbang – Dukuh Kupang, Jl. Raya Dukuh Kupang Barat No.5A, Dukuh Kupang, Kec. Dukuh Pakis, Kota SBY, Jawa Timur 60225, (031) 5672736.

  3. GBT Laras Imbang – Jemursari, Jl. Raya Jemursari No.88, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60299, (031) 8439195.

  4. GBT Laras Imbang – Raden Saleh, Jl. Raden Saleh No.18-20, Bubutan, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174, (031) 5321521.

  5. GBT Laras Imbang – Arjuna, Jl. Arjuno No.124, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251, (031) 5313765

  6. Liberty Wheel – Toko Velg dan Ban Mobil Murah Surabaya, Jl. Mayjen HR. Muhammad No.73, Pradahkalikendal, Kec. Dukuh Pakis, Kota SBY, Jawa Timur 60226, 0811-9621-2510.

  7. Spooring Balancing, Ruko Ambengan, Jl. Ambengan No.1 A, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272.

  8. Paramita Ban Surabaya, Jl. Raya Jemursari No.150, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur 60292, (031) 8432112.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Spooring dan Balancing Pada Mobil"